Langsung ke konten utama

UAS PRAKTIK

MANFAAT DARI BELAJAR INFORMATIKA  

 

DI SMP


Informatika adalah salah satu pembelajaran yang menyinggung mengenai ilmu pengetahuan terkait pengolahan informasi melalui komputer. Dalam pembelajaran dasar komputer berbagai hal umum dikenalkan mulai dari berbagai perangkat nya lalu semakin lama akan masuk pada tingkat yang lebih sulit seperti, pemrograman, desain, pengembangan aplikasi juga informasi dan sebagainya. Inilah mengapa pembelajaran mengenai komputer harus di pelajari mulai dari dasar, lalu menuju tingkat yang sedikit lebih sulit. Karena pada zaman sekarang perangkat terkait komputer, laptop, handphone dan perangkat sebagainya sangat di perlukan dalam kegiatan sehari-hari pada zaman sekarang karena sangat membantu, mnempermudah, serta meringankan pekerjaan. Pekerjaan pada zaman pesatnya perkembangan teknologi sangat bergantung pada teknologi seperti untuk orang biasa seperti IRT juga membutuhkan pada teknologi seperti untuk transaksi jual beli, untuk orang perkantoran sebagai pengolahan berbagai data-data, bahkan untuk para maha siswa\i juga para pelajar menegah. para pelajar juga sangat membutuhkan berbagai teknologi sebagai, media pembelajaran, media penugasan, dan sebagainya.



 Pembelajaran informatika di sekolah menengah merupakan salah satu bentuk pembelajaran praktik yang dominan dalam penggunaan komputer. Di setiap materi dalam pembelajaran informatika pasti menggunakan komputer karena dapat membantu berbagai pembelajaran. Pembelajaran informatika terkait pada komputer harus di pelajari atau di kenali mulai dari sekarang. karena dengan berbagai pembelajaran komputer siswa/i lebih baik dalam mengenal gadget. Walaupun dalam penggunaan komputer akan menghasilkan dampak positif dan negatif dalam penggunaannya. Demikian pula harus di awasinya siswa/i dalam penggunaan media sosial serta gadget agar tidak menimbulkan dampak negatif pada Siswa/i. 



Dampak positif daripada pembelajaran informatika menggunakan komputer adalah siswa/i kedepannya akan dapat mempermudah mengenali teknologi, meningkatkan kemampuan berfikir kritis, meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan berkomunikasi, memiliki daya saing di masa depan serta banyak dampak positif lainnya seperti pada pengalaman saya baru baru ini yaitu membuat karya tulis dengan media digital, dengan adanya pembelajaran informatika sebelumnya yaitu untuk belajar mengetik, mendesain, mengolah data, serta mengenal berbagai aplikasi untuk mengolah kata-kata dengan baik sehingga membantu saya dalam pengerjaan tugas dengan baik, hal tersebut merupakan salah satu dampak positif dalam pembelajaran bahkan untuk masa depan. Akan tetapi walaupun banyak dampak positif dari manfaat belajar informatika menggunakan komputer tak menutup kemungkinan untuk memunculkan dampak negatif dari penggunaan komputer. Berbagai dampak negatif nya yaitu, salah nya pengguna komputer dan medsos, terkena berbagai pengaruh buruk dari dunia luar dan berbagai dampak negatif lainnya. Maka dari itu pembelajaran komputer harus di ajarkan dengan bijak serta di awasi dengan ketat dan baik, sehingga mengurangi tingkat dampak negatif pada siswa/i. Inilah beberapa pengertian, manfaat, dampak, serta cara penanggulangan dari pembelajaran informatika. Sehingga di harapkan untuk guru di sekolah, orang tua, serta orang sekitar mendukung dan mendorong para orang-orang terutama pada siswa/i untuk belajar informatika dan komputer tetapi dengan pengawasan orang berwenang sehingga menciptakan generasi yang baik.




www.yasanjosiantar.com [Website Yayasan Santo Yoseph Pematang Siantar]

www.smpcintarakyat1.sch.id [Website Sekolah SMP Cinta Rakyat 1]

www.secretkampus.com [Website Guru Informatika SMP CR1]






Komentar

Postingan populer dari blog ini

About me πŸ™‡‍♀️

 Let me introduce myself to all of my friends.          about me and my friends       That's all from me, thank you πŸ˜»πŸ˜»πŸ™Œ